Bahaya bermain game online

Hallo semuanya,

Disini kita akan membahas tentang bahaya bermain game online.
yup.., ayo kita simak artikel di bawah ini !

Permainan selalu menjadi bagian penting untuk masa kanak-kanak. Namun, tahukah anda ? Game online telah mempengaruhi anak-anak bahkan terkadang juga bisa mempengaruhi orang dewasa. Fasilitas game online rehabilitasi secara bertahap didirikan baik di internet (online) maupun diluar internet (offline) untuk membantu orang yang kecanduan bermain game. Profesional medis mulai mengenali game online sebagai kecanduan yang nyata seperti halnya alkohol, obat-obatan, perjudian, dan lain-lain. Kecanduan bermain game, dapat membuat sejumlah masalah fisik dan mental yang mungkin sulit untuk diubah.

Apakah anda tau ciri-ciri anak yang kecanduan bermain game ?
Pada umumnya, anak anda akan sangat terobsesi kepada game. Bahkan, tidak jarang mereka lebih mementingkan permainan dibanding pelajaran hal ini tentu akan sangat merugikan bukan ?
Berikut adalah, ciri-ciri Anak yang telah kecanduan bermain game :

1. Hilangnya tujuan
Ketika anak anda mulai terobsesi dengan bermain game baik itu online maupun offline, biasanya mereka akan mulai kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari yang pernah mereka lakukan, seperti: sekolah, persahabatan, belajar, dan lain-lain.

2. Anak menjadi keras
Dalam sebuah game baik online maupun offline, terkadang terdapat sebuah adegan kekerasan. Biasanya, apabila terlalu sering melihat konten yang berisi kekerasan, anak anda bisa saja meniru konten tersebut. Hal inilah, yang bisa membuat anak anda mempunyai sifat yang keras, sebagai contoh : Jika anda mencoba untuk menghentikan mereka bermain game, mereka akan melakukan kekerasan.

3. Non-stop berbicara
Terkadang. ketika anda mencoba untuk berbicara dengan anak anda, mereka akan terus berbicara tentang kesuksesan mereka di dalam game (baik online maupun offline). Mereka akan menjadi sangat terobsesi dengan hal-hal tertentu mengenai game.

4. Menurunnya kebersihan pribadi
Cukup banyak anak yang telah kecanduan bermain game (baik online maupun offline) yang tidak memperhatikan kebersihan pribadinya. Hal ini disebabkan, karena mereka enggan untuk menghabiskan satu menitpun dari permainan untuk menjaga/mengurus kebersihan pribadi mereka sendiri.

5. Pengorbanan
Apabila anak anda telah sangat kecanduan bermain game (baik online maupun offline), biasanya mereka akan mengorbankan segalanya. Termasuk tindakan untuk : bolos sekolah demi bermain game, tidak tidur, membuang waktu, dan yang lainnya. Apabila hal ini telah terjadi, tentunya akan sangat mempengaruhi kehidupan anak tersebut.
Selain bahaya yang saya sebutkan tadi, masih cukup banyak bahaya bermain game online. Sebagai contoh bahaya lainnya adalah :

Banyak game yang mengandung chat room dimana anak anda dapat bertemu dengan gamer lain.  hal ini bisa menjadi tempat yang cukup sempurna bagi predator online untuk hang out.

Jika anda menduga anak anda semakin kecanduan bermain game online. Saya sarankan agar anda menyimpan PC anda di pusat rumah, seperti : ruang keluarga. Sehingga anda dapat memantau segala aktivitas yang dilakukan oleh anak anda. Mungkin, pada postingan saya yang berikutnya, saya akan membahas tentang cara rehabilitasi kecanduan game online.

Nah..., bagaimana ? sekarang kalian tau kan bahaya bermain game online.
Ingatlah, untuk selalu mengawasi anak anda ! ! !

Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan dalam blog ini, 
saya harap anda mau membantu saya, dengan memberitahukan kekurangan dan kesalahan blog ini melalui komentar.



Terimakasih telah berkunjung ! ! !

Komentar